Kado Hari Jadi Sumenep 753: Deklarasi Paguyuban Keris Jala Sottra (1)

Deklarasi Paguyuban Keris Sumenep Jala Sottra 31 Oktober 2022. (Foto/Ng)


Ngoser.ID - Tepat di usia Sumenep yang ke 753, beberapa anggota keluarga bangsawan Sumenep mendeklarasikan perkumpulan atau paguyuban pemerhati sekaligus pecinta tosan aji. Deklarasi perkumpulan yang diberi nama Jala Sottra ini dihadiri sekaligus didukung oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH MH, Senin (31/10/2022) malam.

Bertempat di markas Jala Sottra Jalan Cemara Udang Pangarangan, deklarasi ditandai dengan acara tumpengan. Beberapa tokoh senior di bidang tosan aji atau keris pusaka Sumenep juga hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengapresiasi berdirinya perkumpulan atau paguyuban Jala Sottra. Menurutnya, segala hal yang terkait dengan upaya pelestarian budaya dan kearifan lokal di Sumenep patut mendapat sambutan positif dari semua pihak.

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Sumenep mendukung berdirinya paguyuban Jala Sottra ini. Sesuai namanya yang menjunjung warisan pendahulu kita, Sultan Abdurrahman dengan Ajala Sottranya, semoga bisa membawa manfaat bagi Sumenep ke depan, khususnya di dunia tosan aji di kabupaten ini,” ujarnya.

Pemotongan tumpeng oleh sesepuh Jala Sottra yang disuguhkan pada Bupati Sumenep. (Foto/Ng)

Bupati juga berharap kehadiran paguyuban ini bisa melengkapi referensi bagi dunia perkerisan, sekaligus menjadi salah satu rujukan penting bagi para pemerhati dan pecinta tosan aji.

Sementara Ketua Paguyuban Ajala Sottra, RB Moh Salehadi Pradipta mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap pihak yang mendukung berdirinya paguyuban tersebut.

“Kita di sini hadir fokus pada upaya-upaya pelestarian budaya keris di Sumenep khususnya, dan menghindari hal-hal yang berbau perpecahan antar pecinta tosan aji. Apalagi di momentum hari jadi ini, semoga menjadi semacam kado di Hari Jadi Sumenep yang ke 753, dari para generasinya,” katanya.

Acara yang dimulai dengan pembacaan tahlil kepada para pendahulu di Sumenep, dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh tokoh senior keris pusaka RB Abdurrahman, sekaligus ramah tamah.

Ng

Posting Komentar

0 Komentar