Kado Hari Jadi Sumenep 753: Jala Sottra Luncurkan Buku Keris Peninggalan Keraton Sumenep (2)

Launching Buku Keris Pusaka Peninggalan Keraton Sumenep bersama Bupati Sumenep Achmad Fauzi. (Foto/Ng)


Ngoser.ID – Bersamaan dengan deklarasi Paguyuban Jala Sottra, sekaligus Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke 753, diluncurkan juga sebuah buku tentang keris peninggalan Keraton Sumenep, Senin (31/10/2022). Buku yang disusun oleh tim ini secara simbolis diluncurkan di Keraton Sumenep bersama Bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH MH.

Bupati Achmad Fauzi yang berkenan memberikan kata pengantar dalam buku berjudul “Mengenal Keris Pusaka Peninggalan Keraton Sumenep Abad 18-19 Masehi” berharap buku tersebut bisa menambah wawasan keilmuan, dan sekaligus menjadi salah satu acuan penting dalam mempelajari dan mengenal peninggalan-peninggalan para  pendahulu, khususnya tokoh-tokoh besar Keraton Sumenep.

“Saya ucapkan selamat, dan teruslah berkarya untuk Sumenep, untuk Madura, dan untuk Indonesia,” pesannya.

Buku tersebut disusun oleh tim yang terbagi dalam penyusunan naskah dan penggalian data. Tim penyusunan naskah terdiri dari RB Moh Farhan Muzammily sekaligus editor buku, RB Akh Muwafik, RB. Deny Fahrurrazi, RB Ja’far Shadiq, dan R. Iik Guno Sasmito. Keempat nama terakhir merupakan tokoh-tokoh keris pusaka dari kalangan generasi muda di Sumenep. Sementara penggalian dari terdiri dari RB Moh Ali Murtada, Mohammad Suhatip, Veros Afif, R. Moh Mabrur, dan Edy Hariyanto.

Menurut penjelasan Ketua Tim RB Moh Salehadi Pradipta, buku tersebut terdiri dari tiga bab utama. Di bab terakhir khusus menarasikan galeri pusaka peninggalan keraton. “Terutama beberapa keris pusaka yang memiliki nama atau julukan yang diyakini mengandung nilai sekaligus pesan-pesan sejarah,” ujarnya.

Ng

Posting Komentar

0 Komentar