Kisah Tanah Saketeng di Madura Barat

Kolase potret K. H. Khotib, pengasuh ketiga Ponpes Ketengan (kiri), Langgar Tenggi (kanan atas), dan Masjid pesantren. (Sumber foto K. H. Khotib: screenshot video tayangan San-rasan akun youtube Lingkar Jatim. Sumber foto Langgar Tenggi dan masjid pesantren: screenshot video tayangan di akun youtube Detik Info) 


Pondok Pesantren Manbaul Hikam merupakan salah satu pesantren tertua di Kabupaten Bangkalan. Meski tidak ada catatan pasti yang tertulis, namun dari sejarah pendirian maupun aspek hubungan guru-murid antara pengasuh awal dengan beberapa kiai besar di Madura, secara tidak langsung menyatakan bahwa pesantren ini tidak hanya tertua, namun di masanya menjadi salah satu jujukan utama yang menelorkan sejumlah ulama besar di nusa garam ini.

Ngoser.ID – Kisah berdirinya pesantren ini tidak bisa lepas dari sosok Kiai Haji Abubakar yang diyakini hidup di kurun 1800-an Masehi. Kiai Abubakar disebut asli Madura Barat, yakni dari Desa Petapan, Labang, Bangkalan. Versi lain menyatakan bahwa Kiai Abubakar bukan asli Madura, namun versi ini agak lemah karena bersumber dari selain keturunannya.

Namun dari kedua versi tersebut menyebut bahwa Kiai Abubakar menuntut ilmu hingga ke tanah suci Mekkah. Dan dari sanalah sejarah pesantren ini diukir. Konon Kiai Abubakar disuruh pulang oleh gurunya sembari dibekali segenggam tanah yang dibawa atau sapergem tana saketeng (Madura). Tanah tersebut disuruh sang guru untuk dibawa ke tempat yang jenis tanahnya sama atau cocok. Dan jika sudah ketemu, sang murid diperintahnya mendirikan sebuah pesantren disitu.

Patuh, Kiai Abubakar segera melaksanakan titah gurunya. Alhasil, di antara sejumlah tempat pengembaraannya, tanah yang cocok ada di pulau Madura, tepatnya di wilayah Kecamatan Burneh Bangkalan. Tempat itu selanjutnya diberi nama Ketengan, mengacu pada segenggam tanah yang dibawa (eketeng) beliau, asal kata dari keteng

Letak geografis pesantren tersebut terbilang unik. Melengkung atau agak menjorok ke dalam, mirip perahu. Namun anehnya, saat musim hujan atau terjadi banjir, lokasi pesantren luput dari genangan air. Air justru hanya lewat di sisi kanan dan kiri pesantren ini.

Kiai Abubakar merupakan pendiri sekaligus pengasuh pertama pesantren ini. Setelah Kiai Abubakar mangkat, estafet kepengasuhan dipegang kemenakan beliau, Kiai Haji Mohammad Amin. Kisah mangkatnya Kiai Abubakar begitu terkenal dan terus terpatri di benak para penerusnya. Beliau dikisahkan mangkat di tengah perjalanan pulang dari tanah suci Makkah, di tengah tase’ sagatra atau laut Merah.

Saat itu, Kiai Abubakar bersama rombongan jamaah haji dari Madura bermaksud menunaikan ibadah haji ke tanah haram. Selepas menjalankan ibadah, Kiai Abubakar bertolak kembali ke Madura. Namun di tengah perjalanan beliau wafat. Saat itulah semua penghuni kapal melihat karomah besar beliau. Jasad beliau saat hendak ditenggelamkan ke laut, tiba-tiba laut terbelah seperti disibak sembari mengeluarkan cahaya terang. Konon jenazah Kiai Abubakar diterima kawanan lumba-lumba dan masuk ke dalam laut yang terbelah dan bersinar itu.

Murid-murid utama Kiai Abubakar menyebar di Madura, bahkan juga di luar pulau ini. Selanjutnya, kendali pesantren dipegang oleh Kiai Muhammad Amin, seperti yang disebut sebelumnya di atas. Kiai Amin dikenal sebagai tokoh ulama di bidang fiqh dan tasauf. Setelah Kiai Amin, Ponpes ini dipimpin oleh putranya, Kiai Haji Khothib, sekitar dekade 1920-an. Di masa beliau ini untuk pertama kalinya dibangun langgar berlantai dua yang hingga kini masih berdiri kokoh, dan merupakan peninggalan utama pesantren, disamping ratusan kitab-kitab kuno (klasik).

Mengenai nama pesantren sendiri, mengutip video yutub San-rasan yang ditayangkan oleh Lingkar Jatim, mengalami beberapa perubahan. Dalam video wawancara Aliman Harish dengan KH Fahrur Rozi Jamil Kafi di tayangan tersebut, pengasuh pesantren saat ini, pada awal berdirinya, pesantren Manbaul Hikam tidak memiliki nama khusus. Warga lebih karib menyebut Langgar Tenggi atau Pesantren Ketengan. Meski begitu, di periode setelah Kiai Abubakar dan Kiai Muhammad Amin, secara bergantian, ada beberapa nama yang dilekatkan. Seperti Al-Khotibi, lalu Fakhriyatul Jadid, dan terakhir Manbaul Hikam

Kembali pada Kiai Khothib, setelah wafat kemudian diganti putranya yang bernama Kiai Haji Abdul Kafi. Di masa ini Ponpes ini mengalami banyak kemajuan, hingga tahun 1948 Kiai Kafi mangkat di perantauan, tepatnya di Sumbawa kala berdagang. Hingga tahun 1978, Ponpes ini sempat mandeg, sebab putra-putra Kiai Kafi masih nyantri. Baru tahun itu salah satu putra Kiai Kafi, yaitu Kiai Ahmad Jamil menghidupkan kembali mesin pesantren. Di masa beliau dan saudara-saudara lainnya juga mulai dibentuk jalur pendidikan formal, mulai Madrasah Tsanawiyah hingga Madrasah Aliyah.

Namun, meski mengolaborasikan kedua jalur (non formal dan formal), pesantren peninggalan Kiai Abubakar ini tetap mengutamakan pengembangan pendidikan agama dan diniyah sekaligus karakter kepesantrenan.

Ng

Posting Komentar

0 Komentar